-->

Thursday, September 20, 2012

iPod 5 Lebih Hebat dari iPhone 5

iPod 5 Lebih Hebat dari iPhone 5 - Dari semua produk yang baru saja diperkenalkan Apple, iPhone 5 memang menjadi primadona dan menarik perhatian paling besar. Namun menurut saya sebenarnya iPod Touch generasi kelima memiliki daya tarik yang lebih besar bagi konsumen di Indonesia.

Berikut ini empat alasan mengapa iPod Touch 5 lebih layak menjadi pilihan.

1. Spesifikasi mirip
IPod Touch terbaru hadir dengan layar 4 inci yang sama persis dengan iPhone 5. Juga ada dukungan Siri dan kamera FaceTime HD yang dapat menghasilkan foto 1,2 MP dan merekam video HD 720p di bagian depan. Perbedaannya, iPod Touch tidak bisa dipakai menelepon, kamera belakang "hanya" 5 MP (sementara iPhone 5 8 MP), tidak ada sensor cahaya dan kompas digital. Untuk kinerja, iPhone 5 lebih perkasa dengan prosesor A6, tapi sebenarnya iPod Touch juga sudah lebih dari memadai untuk menjalankan aplikasi iOS yang berat sekalipun.

2. Harga jauh lebih murah
Sebagian media memberitakan iPhone 5 akan dijual mulai dari harga $ 199. Informasi ini benar, tapi kurang tepat karena harga tersebut adalah harga kontrak dengan operator di Amerika Serikat dan tidak berlaku di Indonesia.

Rencananya, iPhone 5 akan dijual mulai dari $ 649 untuk versi 16 GB, $749 untuk 32GB dan $ 849 untuk 64GB. Jika mengacu pada harga iPhone 4S, harga paket iPhone 5 di Indonesia akan dijual mulai dari Rp 7,7 juta untuk versi 16GB, Rp 8,7 juta untuk 32GB dan Rp 9,7 juta untuk 64GB.

Berbeda jauh dengan iPod Touch 5 yang mematok harga $ 299 untuk versi 32GB dan $ 399 untuk versi 64GB. Tentunya jika Anda tidak bermasalah dengan beberapa fitur yang menghilang seperti dijelaskan di poin nomor 1.

3. Belum ada kejelasan mengenai kartu SIM nano.
Jika kartu SIM mikro bisa dibuat dengan memotong kartu SIM berukuran biasa, lain halnya dengan kartu SIM nano yang baru pertama kali digunakan di iPhone 5. Anda harus mendapatkannya melalui operator. Apakah Anda bisa tetap menggunakan nomor lama dan hanya menukar kartu SIM ke operator? Belum jelas.

Yang pasti, para pecinta gadget yang tidak sabar dan langsung membeli iPhone 5 dari luar negeri, tidak akan bisa menggunakan fungsi teleponnya selama operator belum menyediakan kartu SIM nano. Nah, jika iPhone tidak bisa digunakan sebagai telepon, bukankah sama saja dengan iPod Touch?

4. Desain lebih tipis dan memiliki pilihan warna lebih banyak
Bagi yang gandrung gadget tipis, iPod Touch akan lebih menarik. Ketebalannya yang hanya 6,1 mm membuatnya lebih tipis dibanding iPhone 5 yang 7,6 mm. Bobotnya juga lebih ringan, 88 gram, dibandingkan iPhone 5 yang beratnya 112 gram.

IPod Touch juga hadir dengan pilihan warna yang menyegarkan. Jika iPhone 5 hanya memiliki dua warna hitam dan putih, iPod Touch hadir dalam enam warna pilihan yaitu hitam, perak, biru, kuning, merah dan merah muda.

Jadi sekarang pilih iPod Touch 5 atau iPhone 5?

Previous
Next Post »

Post a Comment