-->

Saturday, September 15, 2012

Kilang Minyak Bontang Siap Di Bangun

Kilang Minyak Bontang Siap Di Bangun - Kota Bontang Kalimantan Timur siap membangun kilang minyak di Kawasan Sigendis, Kelurahan Bontang Lestari, yang merupakan lahan milik Pertamina pada 2013.

"Rencana pembangunan kilang minyak sudah positif akan dibangun di Bontang yang lokasinya di Sigendis Kelurahan Bontang Lestari yang merupakan lahan milik pertamina," kata Kabag External Humas PT Badak, Busori S, di Bontang, Jumat.

Sebelumnya proyek kilang minyak itu diproyeksikan dibangun di Tuban atau Bojonegoro, Jawa Timur, namun tidak jadi karena terkendala lahan.

Menurut Busori, presentasi rencana pembangunan kilang minyak pertamina sendiri kepada Pemerintah Kota Bontang telah berlangsung Kamis (30/8) lalu bertempat di Pendopo Wali Kota Bontang.

"Wali Kota dalam sambutannya menyatakan langsung mendukung rencana pembangunan sepenuhnya," ujar Busori.

Rencana pembangunan secara fisik, katanya, akan mulai dibangun awal tahun 2013. "Kapasitas produksi 300 ribu barel per hari nantinya lebih besar dari kapasitas produksi kilang minyak Balikpapan yakni 266 ribu barel/hari," terangnya.

Kilang minyak adalah pabrik atau fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia.

Busori menambahkan, produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak antara lain minyak bensin (gasoline), minyak disel, dan minyak tanah (kerosin).

Kilang minyak merupakan fasilitas industri yang sangat kompleks dengan berbagai jenis peralatan proses dan fasilitas pendukungnya.

"Selain itu, pembangunannya juga membutuhkan biaya yang sangat besar," kata Busori.

Previous
Next Post »

Post a Comment